Hasil UKA Sergur 2012 :Daerah dengan Nilai Sementara Tertinggi dan Terendah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mendapatkan 82 persen hasil sementara uji kompetensi awal (UKA) guru. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, dari hasil itu diketahui kualitas guru di semua daerah.

Berdasarkan hasil sementara, sejumlah daerah di kawasan Indonesia Timur menunjukkan nilai yang sangat rendah. Daerah-daerah tersebut di antaranya Sumba Tengah, Papua, Morotai, Barito, Mentawai dan Maluku.

Sementara itu, papar Nuh, daerah-daerah yang memiliki nilai rata-rata UKA tertinggi didominasi daerah dari Pulau Jawa, yaitu Sukabumi, Pasuruan, Magelang, Surakarta, Rembang, dan Banyumas. Di luar itu, hanya Denpasar yang menurut Nuh memiliki nilai rata-rata tertinggi dari hasil sementara UKA.

Sedangkan untuk DKI Jakarta, kata Nuh, walau sebagai ibukota, tapi DKI Jakarta tidak masuk dalam urutan tertinggi hasil sementara UKA.

“DKI Jakarta tidak masuk di jajaran nilai rata-rata tertinggi. Ini baru hasil sementara. Nanti 18 Maret, saya akan beberkan semuanya. Biar semua tahu bagaimana nilai para guru kita ini. Saya rasa dua hari ke depan  pemindaian hasil UKA sudah bisa mencapai 100 persen,” kata Nuh, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (8/3/2012) malam.

Sebelumnya, Nuh mengungkapkan, nilai rata-rata sementara hasil uji kompetensi awal (UKA) guru tidak memuaskan. Dari hasil pemindaian yang baru berjalan 82 persen, diperoleh nilai rata-rata guru SD hanya mencapai angka 35 dari 100 soal yang dikerjakan.

Oleh karena itu, lanjutnya, hasil sementara ini menciptakan kemungkinan kuota sertifikasi guru tahun 2012 sebanyak 250 ribu tidak  akan terpenuhi.

Sumber : Kompas.com

About these ads

About siswanta

Seorang Guru SMK, berpendapat bahwa pendidikan adalah sebaik-baiknya investasi untuk masa depan sebuah bangsa

Posted on March 9, 2012, in SERGUR 2012 and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 22 Comments.

  1. Guru yg hasil ukg nya tidak mencapai70 akan diapakan ya.Nenurut ku yang penting kita membuat program , melak sanakan sebaik2nya ,dan menadministrasikan. Siswa bisa lebih meningkat prestasinya ,sesuai bakat, minat serta kemampuan seoptimal mungkin

  2. Bagi guru yang hasil ukg tidak mencapai 70 akan diapakan,yang pentingkan intraksi dengan siswa. Prestasi meningkat, moral mental anak lebihbaik dan bisa menggunakan potensi diri semaksimal mungkin.

  3. sertifikasi guru,UKG bernuansa proyek?

    Siswanta
    Wah gemana ya, tapi mari berfikir positif saja, semoga ada tujuan dan hasil yang baik dalam pelaksanaan UKG ini

  4. uka & plpg belum mampu mengukur kompetensi guru di kelas!Pemerintah pusat sebaiknya membuat formula baru untuk mengukur mutu guru indonesia!

  5. Semoga ke depannya pelaksanaan UKA lebih baik dan betul – betul dianalisis dari berbagai segi. Untuk UKA yang baru aja terlaksana semoga proses selanjutnya betul – betul diperhatikan agar tidak banyak menuai protes.

  6. UKA merupakan sebuah terobosan untuk memberikan gambaran tentang kondisi guru di Indonesia. Namun kok kayaknya ada sedikit kekeliruan. Kenapa sudah keluar form A1 baru UKA? Bukankah form A1 adalah tiket PLPG. Nantinya UKA dulu, jika lulus UKA baru diterbitkan form A1.
    Satu lagi, saat guru penasaran ingin mengetahui pengumuman UKA, kenapa situs Kemdiknas http://sergur.kemdiknas.go.id, justru tidak bisa diakses?

  7. pengunduran pengumuman hasil uka 2012 menjadi tanggal 22 Maret 2012 tidak ada alasan yang pasti, sehingga orang menjadi bingung dan bertanya ??????

  8. hasil uka 2012 dikeluarkan di internet juga dapat dikeluarkan di media cetak (koran)

  9. Kemendiknas …. kapan bisa komit dengan dunia pendidikan pengumuman yang sedianya dirilis tanggal 18 Maret diundur hingga 22 Maret tanpa alasan yang jelas….Cape’ deh..

  10. pendidikan di Indomesia perlu dibenahi dalam segala bidang. terutama sikap dan tanggungjawab dihadapan YMK, lihat saja udah disertifikasi tanggung jawab moralnya masih amburadul.

  11. Pak Mendikbud Yth, Untuk Guru mapal IPS, bentuk soal harus betul2 terukur

  12. Saya rasa memang harus ada analisis butir test UKA yang telah dilaksanakan. Sepertinya soal yang ada kurang memperhitungkan waktu secara tepat. Bisa dibandingkan UKA SMP Matematika yang notabene memerlukan waktu menghitung soalnya sebanyak 100. sedangkan soal UKA SMP TIK hanya sebanyak 80 dengan waktu pengerjaan yang sama. Silakan di cek juga jumlah butir soal UNAS, jumlah soal matematika selalu lebih sedikit dari mata pelajaran yang lain.

  13. Memang itulah keadaanya, regulasi pendidikan sudah sangat bagus, para pelaksananya di mulai, kepala sekolah, pengawas sampai ke kepala dinas pendidikannya tidak mengerti urusan pendidikan. Karena jabatan yang diraih hasil dari membeli bukan dengan kompetensi. Kalo mau maju benahi birokrasi dari mulai tingkat bawah.

  14. Kpd yth Bapak Mendikbud…., sy heran dengan pelaksanaan UKA sergur kmrn…? Bener2 lucu…? Antara penyusun kisi2 dan penyusun soal kok ga ada koordinasi sm sekali….? Dan apakah dengan soal2 UKA yg spt itu, sdh bs digunakan sbg barometer kwalitas guru? Rasanya…kok ….

  15. bp mendiknas yg terhormat, utk menilai seseorang guru apa sdh berkompeten atau tidak, tidak dapat kita nilai hanya dari hasil UKA yg baru dilaksanakan. apa memang UKA tersebut sudah memenuhi kriteria kriteria penilaian seorang Guru? apa yang dilapangan sudah digambarkan hanya melalui UKA yg 100 soal,? sudah sesuai kah soal keluar di UKA dgn kisi kisi yg ada?

  16. memang pendidikan di Indonesia sudah rusak ….tp tolong di tinjau, rusaknya dimana? menurut sy… rusaknya pada sistem…. yg selalu gontaganti tanpa melihat langsung ke lapangan? pendidikan itu bukan seperti mode pakaian yg setiap waktu bisa diubah… tp sesuaikan situasinya…. jgn se enak perut saja menggonta ganti sistemnya.

  17. Namanya juga komputerisasi, walaupun bisa menjawab, jawaban kita belum tentu bisa terbaca oleh komputer. Saya yakin guru di Indonesia tidak sebodoh itu

  18. Mengapa soal2 ketrampilan smp tidak sesuai dengan mapel guru pada UKA sergu 2012? saya masih ingat Bapak Menteri mengatakan para guru tidak usah kawatir karena materi yang diuji tidak menyimpang dari materi yang diajarkan sehari hari

  19. bgmn peringkat saya? Kalau sy ketrampilan elektro diuji soal ukir,pahat,kerajinan busana pd UKA 2012.mapel yg td pernah sy pelajari

  20. putu sumandi yasa

    gak apa-apa yang terpenting memang komitmen dengan kualitas guru Indonesia.

  21. ya pak mari kita tunggu bersama hasil lengkapnya tanggal 18 Maret 2012. Optimistis guru Indonesia !

  22. biar ada rasa keadilan, sebutkan juga hasil dari teman2 guru SMP dan SMA sebagai guru bidang studi,,,,yang mungkin tidak lebih baik dengan guru SD,,,,,,

SIlahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: