Hasil UKA Sergur 2012 :Dari 100, Nilai Rata-rata Uji Kompetensi Guru Hanya 35

Nilai rata-rata sementara hasil uji kompetensi awal (UKA) guru tidak memuaskan. Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Ia menjelaskan, dari hasil pemindaian yang baru berjalan 82 persen, diperoleh nilai rata-rata guru SD hanya mencapai angka 35 dari 100 soal yang dikerjakan.

“Per hari ini, pemindaian nilai UKA baru mencapai 82 persen. Dari data yang ada sementara, saya semakin yakin  tentang pentingnya UKA ini. Kenapa? Ketahuan semua kualitas dan kompetensi kawan-kawan kita, guru SD rata-rata nilainya hanya 35, dan guru IPA/IPS rata-rata nilainya hanya 46,” ujar Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (8/3/2012) malam.

Oleh karena itu, lanjutnya, hasil sementara ini menciptakan kemungkinan kuota sertifikasi guru tahun 2012 sebanyak 250 ribu tidak  akan terpenuhi.

“Ya tidak apa-apa jika tidak terpenuhi. Tidak boleh dipaksakan. Kalau memang ada sisa kuota, ya biarkan. Masa harus dipaksakan penuh? Padahal kualitas gurunya tidak sesuai,” ujarnya.

Seperti diberitakan, beberapa waktu lalu ribuan guru honorer menuntut kejelasan status di depan Istana Negara, Jakarta. Mereka berharap pemerintah segera menepati janji untuk menaikkan status mereka menjadi guru PNS.

Menanggapi itu, pemerintah langsung memberikan sinyal cepat. Sertifikasi guru honorer akan diselesaikan dalam waktu cepat. Uji kompetensi awal pun telah digelar dua pekan lalu.

Sumber : Kompas.com

About siswanta

Seorang Guru SMK, berpendapat bahwa pendidikan adalah sebaik-baiknya investasi untuk masa depan sebuah bangsa

Posted on March 9, 2012, in SERGUR 2012 and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 20 Comments.

  1. saya setuju soal waktu yang disediakan dibandingkan tingkat kesulitan soalnya.Saya mengajar IPA Terpadu. Untuk soal Fisika SMP perlu beberapa kali mencari untuk mendapat jawaban akhir. Soal dibuat sedemkian rupa memang saya acung jempol. Perlu ketelitian dan analisis yang memakan waktu. Guru yang sudah dapat sertifikasi sebelumnya belum tentu bisa mengerjakan soal yang oke banget, itu tapi sayang perlu juga dianalisis waktu pengerjaannya.Apalagi untuk guru yang sudah tua, membaca saja perlu waktu karena mata sudah tidak normal.

  2. Agus Budi Utomo

    Kapan hasil ujiannya bisa dilihat…….? atau ada cara yang lebih nudah mengaksesnya…??

    • Mustafa Kholil

      semangat pak Haji Sabirin, kami mendukung statement bapak.
      tapi guru-guru SD Negeri No. 101742 TETAP MENUNGGU HASIL pengummuan yg dinanti.
      teringat tentang Motto bapak dalam kesempatan KKG “Berpikir Memulai dengan Mulai Berpikir” apa perbedaan dari dua kalimat tersebut????

  3. Ya ……….hasil guru SD sangat rendah. Saya guru SD, alhamdulillah ….tugas tambahan sbg kepala sekolah. Soal UKA tahun 2012 memang sulit. Yg menjadi persoalan, apakah yg sudah tersertifikasi bisa juga mengerjakan soal tersebut??? Mungkin perlu jg uji kompetensi lagi para guru yg tlh tersertifikasi…….Coba saja, supaya …. dapat dilihat yg mana yg berkompeten!!!!

  4. Terimakasih kepada semua rekan yang telah berkunjung, semoga tetap tenang dan sabar menunggu pengumuman resmi dari Kemdikbud. Informasi terbaru tentang Sergur insyaallah akan terus saya update lewat blog ini

  5. Tolong dong Pak Sis, segera ubdate Hasil UKA secara lengkap lewat blog ini, saya cemas menanti hasilnya……. Pleace Pak !!!
    saya khawatir jika lewat offline terjadi rekayasa/manipulasi data, ya siapa tahu aja ada yang melakukannya ………….. Trim Pak.

  6. Oke …….hasil guru SD rendah. Saya guru SD, tugas tambahan sbg kepala sekolah. Soal UKA tahun 2012 memang sulit. Yg menjadi persoalan, apakah yg sudah tersertifikasi bisa juga mengerjakan soal tersebut??? Mungkin perlu jg uji kompetensi lagi para guru yg tlh tersertifikasi…….Coba saja, spy dapat dilihat yg mana yg kompeten!!!!

  7. s3ungguh memilukan hati nilai rata-rata guru SD hanya 35. tolong dipertimbangkan lagi untuk kuota kelulusannya. soal dan waktu yang diberikan tidak imbang. Saya berharap Allah memberi jalan bagi yang belum lulus…Amiiiin…

  8. Suyanto cah pinggiran P.Bun

    Saya berharap pada Tuhan aja ,habis soal kayak gitu cuma 1,2 menit persoal ,banyak yang tidakrampung sih,ya kita terima aja apa keputusan pak menteri ,coba dibuat rangking perdaerah aja.Bagi orang pinggiran ,soal semacam itu tak pernah dijumpai .Jakarta aja tidak dapat nilai tinggi apalagi didaerah pinggiran ,Tolong pertimbangkan dengan atas dasar kebijakan ,Disiplin kita tegakkan ,kebijakan kita utamakan Pak ,Trim.

  9. Ya bpk menteri,koq pke uka sgla,pdhl yg udh dpt tnjgn sertfiksi aja blm tntu llus,mlah dia trserg pnyakit hipertensi alias hiruk pikuk persoalkn sertifksi,tlong pk mntri monitoring kinerja yg sdh disertifksi,thanks

  10. Saya Guru SD yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah, Pembuat soal UKA sengaja membuat soal dengan tingkat kesulitan tinggi rata2 C6, maklum mau dapat tunjangan banyak, coba yang sudah dapat tunjangan suruh di tes UKA juga pasti banyak yang PINGSAN di tempat…….

  11. Saya guru sd yang mendapat tugas tambahan kepala sekolah waktu mengikuti UKA soalnya sangat sulit sedangkan waktu yang disediakan tidak seimbang dengan jumlah soal mohon pertimbangan panitia jika hasil rata rata guru sd hanya mencapai 35 dari 100 soal yang disediakan

  12. Saya guru kelas SD, bgmn hsil UKA SD, untuk rt2 ksluruhan kok jelek amat 35, sungguh memilukan hati saya sebagai guru, masalahnya waktu yang disediakan gak imbang sama tingkat kesulitan soalnya, mohon dipertimbangkan lagi kriteria kelulusan untuk UKA kali ini.

  13. Sama2, saya juga ngajar TIK tapi begitu mengikuti UKA dpt soalnya TKJ, ngajar di SD tapi dpt soalnya untuk SMA/SMK…. tinggal berdoa aja moga2 lulus…. walaupun jawabnya cap cip cup….

  14. ya mudah-mudahan hasil UKA bersih tidak ada campur tangan pihak-pihak yang berkepentingan. mudah-mudahan saya lulus untuk menuju PLPG 2012 amiiiin.

  15. usaha udah, tinggal kita berdo’a semoga lulus,amiiiiin

  16. Yo wis di Trimo Wai Tinggal Ber Do’a Agar kita Lulus Okeeee Amiiin

  17. saya mengajar matematika dan komputer SD kelas 4, 5, dan 6, tetapi soal UKA kemarin benar-benar materi yang tidak pernah ajarkan. mengapa soal untuk guru kelas harus sebegitu sulitnya, jika boleh memilih tentu saya akan memilih jabatan guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, yaitu pendidikan matematika. apakah panita tidak memikirkan bagaimana pula bagi guru yang mengajar di kelas rendah, misal guru kelas 1, tentu soal UKA kemarin sangat-sangat sulit bagi mereka. tapi saya ikhlas apapun hasilnya nanti, mudah-mudahan saya lulus tuk menuju PLPG sertifikasi 2012, Amin…..

  18. Anni Theresia simamora

    Saya mengajar ekonomi tapi yang diuji ips terpadu bagaimana juga dengan nilai saya,bagaimana mungkin saya dapat niali yang tinggi orang yang diuji yang g pernah saya bawakan..yah liat nantilah gimana yang berwenang menentukan lulus tidaknya menuju sertifikasi.

  19. Saya mengajar ketrampilan elektro diuji ukir,pahat,kerajinan busana yang tidak pernah saya pelajari. Bagaimana nasib nilai saya?

SIlahkan tinggalkan komentar

