137.822 Guru Besertifikat Jateng Akan Diuji Ulang

Sebanyak 137.822 guru bersertifikat yang ada di Jawa Tengah akan mengikuti uji kompetensi ulang. Pelaksanaan ujian tingkat provinsi akan diselenggarakan lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP) Jateng pada 30 Juli 2012 mendatang.

Kasi Pemetaan Mutu Pendidikan LPMP Jateng, Yuli Haryanto mengatakan, guru yang akan mengikuti uji kompetensi tersebut berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng. “Mereka adalah guru bersertifikat mulai angkatan 2006 hingga 2011,” ungkapnya.

Adapun penyelenggara tingkat pusat adalah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) yang kemudian dikoordinasikan kepada provinsi untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Pada uji kompetensi ulang nanti guru akan mendapatkan materi di bidang profesional dan pedagogik.

Yuli menjelaskan, secara teknis pelaksanaan yang lebih jelas SOP belum dikeluarkan oleh Kemdikbud. Dan sosialisasi baru akan dilakukan dalam minggu ini. “Kami sedang menunggu undangan dari pusat untuk sosialisasi kegiatan uji kompetensi guru bersertifikat di tingkat provinsi. Namun, persisnya kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama empat hari di masing-masing kabupaten/kota dengan melibatkan 500 sekolah sebagai tempat ujian,” tandasnya.

Uji kompetensi bagi guru yang telah bersertifikat dan sudah menerima tunjangan profesi ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pendidik dan pemetaan.

Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jateng, Muhdi SH MHum menyampaikan, disamping menguji kompetensi, kegiatan ini juga sebagai pengembangan keprofesionalan guru secara berkelanjutan.

“Dari uji kompetensi tersebut hasilnya akan dipetakan dan dijadikan data base oleh pusat. Adapun, bagaimana hasilnya nanti tidak akan berpengaruh pada tunjangan profesi yang diberikan kepada guru. Sebab, ini hanya dalam rangka memberikan treatment pengembangan profesi guru,” katanya.

Sumber : Suara Merdeka

About these ads

About siswanta

Seorang Guru SMK, berpendapat bahwa pendidikan adalah sebaik-baiknya investasi untuk masa depan sebuah bangsa

Posted on July 5, 2012, in INFO GURU and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Saya kurang setuju dengan diadakannya UKU, sekali saja ujian saya pikir sudah cukup, asal dalam pelaksanaan ujian benar – signifikan atau benar – benar bisa mengukur kompetensi guru.

SIlahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: