20 Paket Soal untuk UN 2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggunakan 20 paket soal dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun depan. Jumlah ini bertambah banyak daripada pelaksanaan UN di tahun sebelumnya.

“UN berikutnya menggunakan 20 paket soal. Saat ini masih dalam proses pematangan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Chairil Anwar Notodiputro, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/9/2012).

Chairil menjelaskan, penggunaan 20 paket soal itu bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas hasil UN. Dengan bertambah banyaknya jenis soal dalam UN, potensi tindak kecurangan akan semakin sempit. Pasalnya, masing-masing siswa akan mengerjakan soal berbeda karena umumnya setiap ruang ujian diisi oleh 20 peserta ujian.

Sejalan dengan itu, aturan ketat yang diterapkan dalam UN juga dimaksudkan untuk membentuk kepercayaan masyarakat pada proses dan hasil UN. Karena ke depannya, pemerintah berencana mengintegrasikan hasil UN tingkat SMA sebagai tiket masuk ke perguruan tinggi negeri.

Sebelumnya, UN menggunakan lima paket soal. Akan tetapi, masih saja diterima laporan praktek kecurangan di sejumlah daerah. Diduga, kecurangan itu umumnya terjadi saat distribusi soal yang kemudian bocor dan akhirnya terjadi jual beli kunci jawaban kepada siswa.

Untuk menekan itu, terakhir, Kemendikbud melakukan terobosan apik dengan menyematkan kode-kode tertentu di setiap soal. Kode-kode tersebut merupakan petunjuk di mana soal itu dicetak, sehingga dapat mudah ditelusuri apabila kedapatan ada soal yang bocor.

Sumber : Kompas.com

About these ads

About siswanta

Seorang Guru SMK, berpendapat bahwa pendidikan adalah sebaik-baiknya investasi untuk masa depan sebuah bangsa

Posted on September 19, 2012, in INFO SISWA and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 31 Comments.

  1. aduuhhhh 20 pakett …. kayak nya gak adil dech untuk anak SMK …. karna kan anak SMK itu tujuan nya untuk berkerja … nama nya udah SMK sakolah kejurusan emang harus di uji 20 paket kayak gini ..
    buattt streesssss aja :(

    Beda cuuyyy anak SMK sama SMA Ingat itu

    pak Sis
    Yang dimaksud 20 paket itu variasi soalnya, bukan 1 siswa mengerjakan 20 paket.Satu siswa tetep menegerjakan 1 paket saja.

    • tenank ja
      selama ini kita kan sekolah 3 tahun dan 60 % nilai sekolah mendukung,,kalau kita bisa dapat nilai 4.26 ja..kiya bisa lulus

      pak Sis.
      Betul sekali,harus optimis karena nilai lulus hanya 5,5 kok. Semangat belajar, percaya diri dan berdoa

  2. Untuk pertama kalinya dalam sejarah saya dan teman-teman pelajar di SELURUH INDONESIA akan menghadapi UN 20 PAKET yang belum pernah ada sebelumnya.
    saya sebagai siswa kelas XII TAHUN INI megharapkan kebijakan dari para perangkat penyelenggara UN untuk dapat memfailitasi kami secara maksimal.
    kami yakin kamu semua dapat LULUS 100% karna ALLAH pun pasti akan membantu kami karna kami sudah berjuang selama 3 TAHUN disekolah dan kami harap DOA dari SELURUH GURU INDONESIA yang telah membantu kami selama kami sekolah ^.^

    PELAJAR INDONESIA ADALAH PELAJAR YANG LUAR BIASA

    pak Sis
    Yang dimaksud 20 paket itu variasi soalnya, bukan 1 siswa mengerjakan 20 paket.Satu siswa tetep menegerjakan 1 paket saja.

  3. 20 paket ?pemerintah mau UN utang dulu kan sama amerika ? dihh sok amat mau 20 pkt . mau nyaingin sekolah luar negri ? ngimpi sono lu pak . kalian toh cuma bisa bikin kebijakan tanpa harus mikir . soal kejujuran itu kalo mau lulus mesti berusaha ? banyak usaha salah satunya nyontek . emang anak lu pada klo ujian ga nyontek ? wkwkwkwkwk O aja yo makasih.

    pak Sis

    Yang dimaksud 20 paket itu variasi soalnya, bukan 1 siswa mengerjakan 20 paket.Satu siswa tetep menegerjakan 1 paket saja.

  4. ayo wes terjang , gasabar ndang unas . :D :D :D

  5. paket UN semakin banyak, akan membuat siswa jd makin tertekan..hingga tidak menutup kemungkinan menyebabkan stress pada diri siswa..

  6. doa dan belajar :)
    semangat !

  7. Berbicara 20 paket/kebijakan yang lainnya, menurut saya jalani dulu baru komentar, komentarnya itu yang sifatnya solusi, bukan caci maki, dan satu lagi, kalau ada kelebihan dari kebijakan pak mentri jangan segan-segan kasih pujian,.. mohon maaf nich…. saya amati pada prakteknya, orang hanya bisa mencaci, tidak ngasih solusi dan enggan untuk memuji orang yg dapat prestasi….. Ya …. itu hanya komentar orang yang bisa ngomong tapi gak bisa jalani. Mudah-mudahan tdk menyakiti saudara-saudara, kalau ada yang tersakiti ya mohon maaf ya…..

  8. intinya cuma ada 1 “belajar dan berdoa ”

    Pak Sis
    Dan JUJUR tentunya he he

  9. Kita sekolah di sekolahan bukan di pemerintahan kenapa ujian kelulusan di tentukan oleh pemeritah
    kllo sekolah gratis sih silahkan pemerintah yg menentukan
    karna sekolah bayar

    Pak Sis
    Wah Pendapat yang kurang pas, semua Sekolah itu diatur dengan UU mas, yang membuat pemerintah.
    Emangnya jika sekolah bayar, terus siswa seenaknya saja ? tanpa ikut peraturan pemerintah gitu po ?

    Mari belajar giat, nilai 5 itu sebenarnya nilai mati, tapi begitu susahnya mendapatkan nilai 5 ya, kenapa ?

  10. yang namanya maling pasti akan lebih lihai…mau dibikin kyak apapun caranya ya..tetep malingnya mlh mkin aktif ngluarin jurus2 terbarunya…kmr aja yg 5 paket aja…kebobolan…apalagi UN di tingkat daerah..yg pinggiran..dijamin Ujian hanya sbg formalitas aja..bisa diitung sklh yg bner2 jujur dlm pelaksaannya…hmpir sebagian besar…rusaaaaak paraaaah…pengawas hanya sbg patung…krn smua sdh di stel dr atas…kembali lg aja ke jaman dlu tuch…semua anak lulus tinggal nilaInya aja yg beda…yg pandai ya nilainya bgus..yg bodoh ya nilainya jelek….yg penting LULUS…

    Pak Sis
    Wah kalau masih ada anak muda seperti mbak Anis ini harapan bagi kita sebagai guru, memang pendidikan jika dilakukan dengan kebohongan hanya akan melahirkan generasi mental amburadul, manja, tidak mandiri, cengeng, mudah putus asa dll, Kalau kata Thukul arwana : tidak punya fighting spirit gitu lho, mental pengemis dll, Kapan bisa maju ? Jika kejujuran di nomor satukan !!!

  11. saya kurang setuju gara-gara soal 20 paket siswa-siswa pada megeluh minata di kurangi

    seandai nya anak ada di pihak kami bapak akan berbuat apa

    Pak Sis
    jangan mudah putus asa, jika niatnya akan mengerjakan ujian secara mandiri, soal berapa paketpun tidak ada masalah, bahkan jika dilakukan secara online (mudah-mudahan tahun-tahun kedepan)

  12. saya kurang setuju gara-gara soal 20 paket siswa-siswa pada megeluh minata di kurangi

    seandai nya anak ada di pihak kami bapak akan berbuat apa

    Pak Sis

    Kenapa mengeluh ?, mari niat jujur dalam mengerjakan UN, belajar giat, sehingga soal berapa paketpun tidak menjadi masalah

  13. saya setuju bnget karna menambah antuasim solidaritas siswa yang tinggi. :(

    Pak Sis

    Solidaritas yang bagaimana mas ? saling bantu dalam mengerjakan UN ? atau bagaimana

  14. ,tlong lah bapak agar soal 20 itu dikurangi saja, dikarenakan para siswa banyak yang mengeluh tentang 20 paket itu…….

    ,tolong bapak pikirkan kembali dan juga diringankan kembali tentang 20 paket itu??????

  15. dewan kurikulum ny ganti,,… selesai menjabat tahunn ni,,..

    bukann ny cari solusi yg baik buat siswa, malahh bkin siswa frustasi dan gantung dirii,,..

    dan banyak menekann pikiran siswa,,. tekanan itulah yg membuat siswa takut,,. dan bnyak bunuh diri..

  16. ccarilah alternatif lain selain UN krena mnurut saya un menjadi momok bagi setiap siswa
    la akhirnya mereka jadi takut dan tidak percaya diri
    dengan keraguan dan ketakutan mana bisa kita menyelesaikan soal ataupun masalhny
    maka banyak yang nga lulus

    carilah hal yang baik bagi kita semua
    enak di pemerintah enak di siswa
    hehe;D

  17. qt gk kberatan klw mmng mw d adakan 20 pket soal, tp qt mw jwaban qt d periksa tangan bkan dngan kmputer, krna biasa baxk siswa yg tdk lulus cma krna bulatanx krang tebal lh, gk kbaca lh, pnglaman thun2 kmrin banyak anag pintar yg qg lulus. atw bsa kah lmbar jawanx d ganti dengan hanya menyilang jawaban saja?????????

  18. sedangkan 5 paket saja banyak yang tidak lulus, apa lagi kalau 20 paket, terus dimana letak keadilan pemerintah. seorang siswa bersekolah selama 3 tahun terus hanya ditentukan dengan 4 hari “UN”.

    Siswanta
    Harusnya mau berapa paketpun gak masalah, kenapa takut ?

  19. semakin banyak paket soal…semakin banyak biaya…semakin besar proyeknya (tau sendiri deh…) 3 tahun belajar hanya ditentukan dengan 40 soal…bayangkan…dikemanakan tentang ABSENSI KEHADIRAN SISWA….? taukah pak mentri karakter siswa dimasing-masing sekolah? dengan menjawab 40 soal akan menentukan LULUS atau TIDAK…..hebat memang…? guru2 tidak lagi dilibatkan atau saling adu argumen untuk menentukan kelulusa siswa….lebih bagus lagi kebijakan p menteri untuk mengawas UN turunkan sluruh dosen kalau perlu mahasiswa sehingga guru2 tidak perlu ikut terlibat dalam pengawasan UN….tidur saja dirumah……!!!!

    Siswanta
    Sebenarnya UN bagus jika pelaksanaannya Jujur & fair, paket 20 katanya untuk menekan kecurangan, berarti selama ini UN ada kecurangan ? ya begitulah rahasia umum

  20. Kenapa paket soal UN 2013 harus 20 paket.
    sebenarnya apa sih yang di inginkan oleh pemerintah kita.
    apakah itu tidak memberatkan siswa.

    Siswanta
    Harusnya mau berapa paketpun gak masalah, kenapa takut ?

  21. menurut hemat saya, lebih baik kembali kejaman thun 2000an malah lebih efektif, sekolah menentukan kelulusan masing-masing siswa karena sekolah mempunyai kualitas kelulusan masing-masing dengan tentunya ada standarisasi dari pusat. Untuk masuk perguruan tinggi, tentunta mereka mempunyai syarat-syarat masuk tersendiri.

    Siswanta
    Kalau dulu masih banyak guru idealis, apa adanya. Lha sekarang gemana?

  22. Kenapa harus 20 paket
    Sementara Pada Umumnya Anak” INDONESIA itu terkenal dan kelemahan daya tingkat belajar nya kurang dan anak2 Indonesia mempunyai daya pikir yang lemah ‘tidak seperti anak2 yg di luar negri
    anak2 INDONESIA ini tidak manpu ‘tetapi mengapa Para pejabat menetapkan 20 paket ;sementara anak2 indonesia itu mempunyai otak dan pikiran lemah
    apa pejabat ini tidak kasihan dan sedih melihat anak INDONESIA banyak yg tidak lulus

    tlng di terapkan kembali dan coba di pikirkan kembali soal pengeluaran paket soal UN thn 2012 . 2013

    sekian

    Siswanta

    Tujuan dibuat 20 paket untuk menekan kecurangan. Setiap ruang Ujian ada 20 siswa, jika ada 20 paket soal berarti satu siswa akan mendapatkan 1 paket yang berbeda dengan siswa lainnya.

    Akan efektif jika 20 Paket itu soalnya bener-bener berbeda. Selama ini menggunakan 5 paket soal yang sebenarnya isinya sama, hanya urutan nomornya saja yang diacak.( sama saja bohong)

  23. Ya mudah”an Anak2 Indonesia bisa dan mampu untuk meyelesaikan UN THN Ajaran 2012’2013
    dan saya berharap Tingkat kelulusan di Thn ini Lulus Dengan Angka 100%

    Amin…

    Siswanta
    Setuju, asal pelaksanaannya 100% Fair & Jujur

  24. bgaimna caranya menimbulkan karakter bangsa dengan 20 paket UN, sedangkan pejabat-pejabatnya saja mdg tau bgaimna karakter yang bagus

    Siswanta
    He -he mari kita lihat nanti apakah 20 Paket soal bener-bener berbeda ?
    Atau soal 40 hanya dibolak-balik nomornya terus dijadikan 20 Paket,

  25. Semoga saja smw.y lulus ujian,mau paket 20 keh ato 1skolahan beda tidak takut

    Siswanta
    Sukses YES, Jujur Harus

  26. saya setuju paket ditingkatkan 20 paket tetapi saya harap kelulusan yang memutuskan pihak sekolah aja. :)

    Siswanta
    He he

SIlahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: