Tahun 2013 :Tunjangan Profesi Guru dibayar Pusat

Ini kabar gembira bagi guru, khususnya bagi guru yang telah lulus sertifikasi. Mendikbud, Mohammad Nuh menegaskan bahwa mulai tahun 2013, dana tunjangan profesi guru (TPG) akan ditransfer langsung oleh pemerintah pusat ke rekening milik guru.

Artinya, mekanisme pembayaran dana TPG tidak akan lagi melalui jalur kas pemerintah daerah (pemda) seperti yang selama ini berjalan.

“Tahun 2013, dana tunjangan profesi guru akan langsung ditransfer dari pemerintah pusat kepada guru, bukan ke daerah lagi,” ujar Mendikbud pada jumpa pers akhir tahun 2012, di Jakarta, Jum’at malam (28/12).

“Tahun depan kami akan melibatkan inspektorat jenderal bersama BPK,dan BPKP guna mengawal penyaluran dana tunjangan profesi guru agar disalurkan secara benar,” kata Mendikbud M Nuh.

Ya semoga saling menyadari posisi masing-masing.
About these ads

About siswanta

Seorang Guru SMK, berpendapat bahwa pendidikan adalah sebaik-baiknya investasi untuk masa depan sebuah bangsa

Posted on December 29, 2012, in INFO GURU, PENDIDIKAN. Bookmark the permalink. 22 Comments.

  1. Sy ga punya kalimat yg tepat utk mengungkapkan galaunya hati dlm menyikapi penyaluran TPG yg amburadul baik lwt daerah maupun pusat. Sama2 bikin hati neg/galau.

  2. abu syahveiy

    mudah-mudahan kebijakan penyaluran tunjangan guru langsung dari pusat mengurangi kesibukan guru mengurusi berkas dialihkan untuk mengurusi proses pembelajaran yang lebih berkualitas

  3. Tadinya sy sngt berharap dan yakin pembayaran TPG akan lancar stlh ditangani pusat tp kenyataannya ?? Nol bsr. Skr udah tg 7 mei 2013.. TPG thp 1 blm ada kbr…

    Siswanta
    Sabar Pak, ya beginilah pemimpin kita sekarang, susah dipegang kalimatnya he he, bagaimana akan menjadi bangsa maju ya

  4. terimakasih, pak Mendikbud, Waktunya harus diperbaiki, turun tepat waktu tanpa ditunda2 apalagi terlambat tolong bapak….! kami yang di swasta udah 3 bulan ga’ di gaji, kasihani kami. Menunggu dana bos Belum Cair-cair. Kapan sih…….?

    Siswanta
    Sabar bu, ya beginilah pemimpin kita sekarang, susah dipegang kalimatnya he he, bagaimana tu

  5. mendikbut skrng asal ngomong aj,mana buktiny kalo tunjangan sertifikasi guru dibayar bln April,ni dach tgl 5 April,tp tunjangan ngga cair-cair juga.dasar pembohong

    Siswanta
    Ya begitulah kira-kira pemimpin2 kita sekarang,( sambil tepok jidat)

  6. Pencairan TPP langsung dari pusat adalah kebijakan yang sa ngat kami nantikan. Apa gunanya guru disuruh buka rekening bank jika jalurnya masih diperpanjang dan pencairannya masih tunggu ini …tunggu itu…. Membuat para guru resah dan tidak menentu… Kami para guru Indonesia akan sangat berterima ka- sih jika mekanisme ini diperbaiki agar lebih tegas, transparan dan lebih sehat. Dengan demikian pemerintahn, dlm hal ini Kemendikbud akan menjadi institusi yang benar-benar berwibawa.

  7. Tunjangan sertifikasi guru untuk wilayah provinsi kepulauan bangka belitung, untuk bulan desember tahun 2012 belum dibayar. Kemana uangnya? Kenapa belum dibayar? tolong dibayar kekurangan satu bulan itu.

  8. Mudah2an benar adanya, ada perbaikan pembayaran sertifikasi guru seperti yg selama ini ramai dibicarakan. Wai para pejabat, jangan permainkan nasib para guru, biarlah era Umar Bakri berlalu. Bayarkan hak para guru utuh adanya…..Janganlah nasib para guru dipimpong seperti selama ini. Hentikan lempar batu sembunyi tangan, sehingga para guru dapat bekerja dengan tenang.

  9. saya sebagai guru sangat setuju kalau pencairan tunjangan profesi guru lewat rekening guru langsung dari pusat, karena pengalaman selama dua tahun ini, banyak guru yang menerima tunjangannya hanya 11 bulan, yang satu bulan lari kemana?, perlu bapak telusuri karena guru maih berharap tunjangan setiap bulannya penuh, dan yang blm dicairkan satu bulan setiap tahun segera di cairkan juga, terimakasih.

  10. Memang betul kata Pak Mentri bahwa TPG sebaiknya langsung diterimakan lewat Rekening Guru. Hal ini dikarenakan birokrasi daerah sangat rumit, kata temen2 guru semua data guru penerima TPG kan sudah amat komplit baik itu di pusat apalagi di daerah. Tapi mengapa setiap akan ada pencairan DIMOHON NGUMPULIN iNi iTu, dsb. dsb pada hal data2 sma aja yang dulu. Bahkan ada di Departemen ANU yang bikin para guru kelabakan jika mau ada pencairan TPG. KASIHAN donk mereka !!!!!!!! SEMUA ORANG BISA PANDAI, mulai NoL BUEESAAAAR SAMPAI BISA NGITUNG UANG YANG tril-TRILAN, berkat JASA GURU. Percaya silakan, dak percaya, … ya .. MONGGOooo !!
    BRAVO GURU INDONESIA !!!

  11. Ho ohh kata temen2, ada apa dengan birokrasi daerah ya ? mudah2an yang di daerah pada mbaca komentar wong cuilik ini ya, Eh Om Siswanto, apa bener masih ada pemotong yang kluyuran, MUNGKIN MEREKA TIDAK TAKUT SAMA MALAIKAT ya he he he

  12. Birokrat Daerah ngiri pengen dapet Jatah Tunjangan Sertifikasi juga tuh Pak Mendiknas….. Kalau mau Tunjangan mah ganti jabatan aja jadi guru…. biar tau rasa….

  13. Nah ini namanya pejabat yang tau apa yang guru mau, memang kalau ndak demikian birokrasi daerah selalu mencari alasan yang tidak-tidak untuk mengendapkan dana biar ……???

  14. Emang kebijakan yang mesti diancungi jempol, seharusnya dari dulu dibayarkan langsung dari pusat utk menghindari birokrasi yang berbelit2 dan terkesan korup, karena ada saja kekurangan pembayaran dg berbagai alasan, kami doakan smoga guru lebih gairah mengabdi utk anak2 bangsa. Hidup guru, smoga indonesia jaya,…

    Pak Sis

    Wah trima kasih pak, semoga relaisasi dari pusat lebih jelas, mari kita tunggu

  15. Yang begini baru namanya kebijakan yang benar-benar memperhatikan keadaan dilapangan.
    Karena selama ini pembayaran tunjangan profesi selalu terlambat, bahkan sampai saat ini tunjangan profesi bulan oktober, nopember dan desember untuk guru swasta kota medan belaum dicairkan

    Siswanta
    Mari sama-sama menunggu relaisasinya pak

  16. djodi hari bowo prihadiono

    Bapak Menteri Dik Bud Prof.Dr. Moch Nuh. Kami sngat bersukur Sekali Bila benar 2 Terealisir T P P 2013 melalui Pusat dan kami sangat sekali menunggu kami sangat tidak setuju bila melalui Daerah banyak mekanisme ganjalan ganjalan dan serta kami akan bekerja lebih sungguh sungguh terima kasih
    Salam Buat Keluarga Bapak Menteri Semoga sejahtera dan Bahagia salam dari Keluarga Ibu Imam Soeroto Ibu Kandung Bp Ir. Dudung Prilaksono

  17. Amin, inilah yang ditunggu-tunggu tenaga pendidik,titifkasi yang lulus sertifikasi, kalau bisa pendidikan ditangani vertikal (pusat)

    Siswanta

    Amin juga, yang penting lancar

  18. Semoga pernyataan ini benar – benar teralisasi kami guru sangat bersyakur atas kebijakan yang Bapak re

    Siswanta

    Mari kita tunggu realisasinya

  19. syukur alhamdulillah, kalau tunjangan profesi guru dibyarkan melalui pusat, karena selama ini setiap tahun pembayaran dari daerah sellu kurang satu bulan. kemana saya harus mengadu?

  20. Inilah Kebijakan yang sangat ditunggu-tunggu.

    Siswanta

    Mau dari pusat atau daerah yang penting turun tepat waktu dan tidak ada potongan gitu lho he he

SIlahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: