Hasil Uka Sergur 2012 : Inilah 10 Propinsi Terbaik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya mengumumkan hasil akhir uji kompetensi awal (UKA) guru tahun 2012 yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2012 lalu.

Dengan nilai rata-rata 50,1 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didaulat mendapat predikat sebagai provinsi dengan nilai rata-rata UKA tertinggi.

Posisi 10 besar provinsi dengan nilai rata-rata tertinggi adalah :

  1. DIY (50,1)
  2. DKI Jakarta (49,2),
  3. Bali (48,9),
  4. Jawa Timur (47,1),
  5. Jawa Tengah (45,2),
  6. Jawa Barat (44,0),
  7. Kepulauan Riau (43,8),
  8. Sumatera Barat (42,7),
  9. Papua (41,1)
  10. dan Banten (41,1).

Sedangkan 5 propinsi dengan nilai rata-rata terndah adalah sebagai berikut:

  1.  Maluku (34,5),
  2. Maluku Utara (34,8),
  3. Kalimantan Barat (35,40),
  4. Kalimantan Tengah (35,5),
  5. dan Jambi (35,7),

Sedangkan untuk jenjang pendidikan paling tinggi rata-rata didapat oleh guru kelompok TK. Disusul kemudian SMA, SMK, SLB, SMP, dan SD.

Perolehan nilai tertinggi untuk  tiap jenjang:

  1. Desi Dwi Jayanti dari TK Islam Nurul Iman, Kabupaten Bogor, nilai  90
  2. Nurfatah dari SD 8 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Sumsel, nilai 80
  3. Melany Wiwanty Parulian Mukuan dari SMP Advent Amurang Kabupateng Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, nilai 87,5
  4. Gatot Priadi dari SMAN 1 Karas Kabupaten Magetan Jawa Timur , nilai  90.

Perolehan nilai tinggi lainnya untuk jenjang SMA:

  1. Nur Hidayati SMAN 11 SIAK Kab. Siak, Riau dengan nilai 90,0
  2.  Irawati Satia Kusumah SMA Terpadu Krida Nusantara KOTA Bandung, Jabar nilai 88,6,
  3. Nunung Mintarsih SMAN 1 Maospati, Kab. Magetan, Jatim dengan nilai 88,3,
  4. Petrus Yulianto Susanto SMA Santo Bellarmius, Kota Bekasi, Jabar dengan nilai 88,0,
  5. Momi Rosrita Listiani SMA N 1 Majalengka, Kab. Majalengka, Jabar dengan nilai 86,7,
  6. Masfufatul Hasanah SMA N 10 Melati Samarinda, Kota Samarinda, Kaltim dengan nilai 86,7,
  7. Sylviana Chrisyan SMA Kristen 5 BPK Penabur, Jakarta, DKI Jakarta dengan nilai 86,0,
  8. Anna Kurnia Agustiningsih SMA N 1 Pakusari, Kab Jember, Jatim dengan nilai 86,0
  9. Rahma Fitri SMA Uswatun Hasanah Kota Padang Panjang, Sumbar dengan nilai 86,0.

Perolehan nilai tinggi lainnya untuk jenjang SMK:

  1. Zuhri Muslim guru SMKN 2 Slawi Jateng nilai  97,
  2. Evy Endah Purwandani guru SMK Yayasan Pendidikan Farmasi Jabar nilai 90
  3.  dan Rita Hartati guru SMKN 13 Jabar nilai 89.

Perolehan nilai tinggi lainnya untuk jenjang SMP :

  1. Mulya dari SMPN 2 Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat dengan nilai 82,5,
  2. Chusnul Arfiane dari SMPN 1 Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dengan nilai 82,5.

Perolehan nilai tinggi lainnya untuk jenjang SD :

  1. Dina Hanif Mufidah  SD Muhammadiyah GKB dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dengan nilai 77,5.
  2.  Sutrisno, guru SDN Jatisari kabupaten Pati, Jawa Tengah, dengan nilai 77.

Perolehan nilai tinggi lainnya untuk jenjang SLB :

  1. Isma Mulyani guru SLB BC YGP Blimbangan, Kab. Garut Jabar (95),
  2.  Sepdi Juandi guru SLB Al Ghifari Kab. Garut Jabar (94)
  3. dan Ade Mulyana guru SLB BC YGP Blimbangan, Kab. Garut Jabar (94).

Perolehan nilai tinggi lainnya untuk jenjang  TK :

  1. Ida Ismawati guru TK Al Azhar Syifa Budi DKI Jakarta (87)
  2. Nur Hasanah TK Permata DKI Jakarta (87).

Semoga semua pihak dapat menerima hasil ini untuk dijadikan instropeksi. Selamat bagi rekan-rekan tersebut di atas yang telah memperoleh nilai tinggi.

Bagi rekan yang mengenal nama-nama di atas, semoga mau memberikan kabar.

Tetap semangat Guru Indonesia !

Jika informasi ini bermanfaat silahkan berkenan meninggalkan komentar atau informasikan kepada rekan lain dengan klik tautan facebook, twitter di bawah ini. Terima kasih

Sumber : kemdiknas.go.id, kompas.com, poskota.com, antarajatim.com

About these ads

About siswanta

Seorang Guru SMK, berpendapat bahwa pendidikan adalah sebaik-baiknya investasi untuk masa depan sebuah bangsa

Posted on March 16, 2012, in SERGUR 2012, SERTIFIKASI GURU and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 32 Comments.

  1. …berada pada peringkat keberapa propinsi NTB, terima kasih sebelumx…

    Siswanta
    Maaf Pak Nafaz, saya tidak mempunyai data yang lengkap tentang peringkat seluruh indonesia

  2. data yang lain mana pak?? lampung jauh banget ya..urutan keberapa ya..trus kalo da lulus UKA plpgnya mei ato juni???

    Siswanta

    PLPG menurut beberapa informasi sekitar bulan Juni 2012 bu

  3. penasaran ama nilai perorangannya d share donk pak….

  4. ya… Alhamdulillah yang penting lulus walau nda tau nilainya berapa. Saya rasa nilai saya nda jelek – jelek amat. Tapi rata- rata keseluruhan yang jatuh gara – gara ada yang nilainya terlalu rendah. ya udah yang penting luluuuus. Saya rasa tak perlu memvonis guru dengan nilai rendah berarti tak layak ngajar, saya kira banyak faktor X yang perlu dikaji lebih dalam. Berjuang terus para guru sampai akhir. Mendidk murid hingga berhasil lebih banyak menyumbang bagi kehidupan siswa selanjutnya dibanding pengajaran dengan nilai akademis.

  5. Satya Nurbaniadi

    Bagi yang belum dapet panggilan tes UKA sertifikasi guru, kapan lagi adanya?

  6. hasil yg lain nya dong tlong d share,.lg pnasaran nii

  7. Minta Bantu donk, ranking tingkat SMK Provinsi SUMUT. Trims

  8. Elin Pahruyati

    kirim pengumumanya donk………….

  9. selamat untuk peserta yang mendapatkan nilai baik dan dan yang masih mendapatkan nilai rendah agar ditingkatkan kinerjanya masih semoga nantinya juga mendapat nilai bagus

  10. Apa pun hsil UKA,,, hndak nya kita tetap smangat mendidik putra-putri bangsa ini……!

  11. Sutrisno priyatmoko

    tolong kang aku masih penasaran. dah bisa keluarin nilai tertinggi berarti dah dapat bocoran to ?

  12. nilai terendah dinyatakan lulus ujian UKA berapa nilainya ?
    kalau belum lulus cara mengulanginya bagaimana agar bisa lulus UKA ? terima kasih

  13. Selamat buat rekan-rekan Guru SMA dari Kabupaten Magetan yang telah berjuang dan mendapatkan hasil yang maksimal.

  14. Alhamdulillah…salah satu terbaik. Tapi jujur, saya masih penasaran bagaimana nilai itu bs keluar. Bagaimana ngitungnya? A mistery!! Saya kurang puas.

    • Selamat ya Bu Dina, tapi kok masih penasaran ? misteri ?, masih kurang puas ? penyebabnya kira-kira apa ya bu. Semoga nanti terjawab saat pengumuman resmi 22 Maret. trim sudah memberikan tanggapan.

  15. Wajar saja kalau hasil UKA guru SD rendah, karena jenjang kelas yang sangat jauh yaitu kelas 1 s/d 6. Ditambah lagi dengan adanya sekolah yang masih memberlakukan guru kelas di kelas tinggi. Sedangkan soal UKA mencakup seluruh mata pelajaran yang materinyapun ada dikelas tinggi.
    Jadi belum tentu guru yang hasil UKAnya rendah, tidak mampu mengajar di depan kelas.
    Mohon pertimbangan dalam menentukan kelulusan UKA.

  16. Yuni SD Plus Rahmat Kediri

    Salut buat teman-teman guru yang memperoleh nilai tinggi pada UKA 2012. Smoga prestasi yang tinggi juga berimbas pada kinerja yang tinggi. Hidup guru Indonesia!!!

  17. Katanya hasil nilai tertinggi 97, tapi kok tidak disebutkan nilai 97nya diperoleh siapa dari kota mana….? How come? Any detailed info?

    • Sumber tertulis kemdiknas.go.id tidak menyebutkan nilai tertinggi 97,0, tetapi itu di tulis di kompas.com berdasar keterangan dari Bapak Mendikbud, Jum’at (16/3/2012). Dan ternyata diraih oleh Ir. Zuhri Muslim SMKN2 Slawi Jateng. Untuk info detailnya kita tunggu bersama pengumuman tanggal 22 Maret 2012. Trim atas tanggapannya.

  18. congratulation my wife…Chusnul Arfiane dari SMPN 1 Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dengan nilai 82,5. smoga kamu bisa berprestasi di dunia pendidikan..dan bisa mengamalkan ilmu kamu kepada tunas-tunas bangsa..,Ngoro.Mojokerto khususnya

  19. info juga nilai tertinggi tiap propinsi ya pak

  20. kriteria kelulusan nilainya berapa mas, ada perubahan apa tidak? mana nilai untuk semua peserta mas, saya jadi deg2an terus.

  21. Terimakasih kepada semua rekan yang telah berkunjung, semoga tetap tenang dan sabar menunggu pengumuman resmi dari Kemdikbud. Informasi terbaru tentang Sergur insyaallah akan terus saya update lewat blog ini

  22. entah dimana kini pengumuman yang lengkap nya mas? tolong dong yang lengkap.thanks

  23. Alhamdulillah….. Jatim rangking 4, nilai tiap peserta lainnya mana ah tuh kaaang…… Saya masih deg-degan nich, lulus apa tidak ya …… Tolong tampilkan kang……….

  24. sulawesi selatan……???????

  25. makasih infonya , tapi mana yg lainnya?

  26. Lumayan kan rangking 8…

  27. hasil akhir yang lulus mana oooooommmmmmmmmmmmmmm

SIlahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: