Model Pembelajaran

Model Pembelajaran, suatu kata yang sudah sangat sering kita dengarkan. Tapi terus terang sampai saat ini saya sudah berpuluh tahun menjadi guru, secara jujur masih minim pengetahuan tentang model pembelajaran. Jadi kalau ditanya, biasanya model belajar apa yang digunakan di dalam kelas,  jawabnya : wah model apa ya, gak mudheng, model campur aduk !.

Model, Metode, Strategi, Pendekatan apalagi ya, pokoknya istilah-istilah itu sulit membedakannya, padahal menurut rekan saya yang sudah mudheng, istilah tadi pengertiannya berbeda.

Yang paling terngiang oleh saya hanyalah sebuah pemahaman bahwa model pembelajaran itu semacam pola yang akan saya gunakan dalam merencanakan maupun melaksanakan pembelajaran dalam kelas.   Urutan langkah-langkah kegiatan yang akan saya lakukan bersama siswa.  Berarti seharusnya sudah tertulis dalam RPP ?  Mungkin begitu ya.

Dan satu lagi, katanya model itu tidak bisa dicampur aduk, artinya tidak bisa dalam satu waktu pembelajaran menggunakan dua model pembelajaran,

Bagi rekan-rekan yang mempunyai banyak pengalaman semoga berkenan berbagi ilmu dengan menyampaikan pendapat melalui komentar di bawah. CMIIW dan saya ucapkan terimakasih FYI.  Wah bahasanya agak gaul dikit, biar dikira orangnya gaul he he he.

About siswanta

Seorang Guru SMK, berpendapat bahwa pendidikan adalah sebaik-baiknya investasi untuk masa depan sebuah bangsa

Posted on April 6, 2012, in INFO GURU and tagged , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. kalau saya amati dan menyimak model pendidikan dan pemelajaran, semuanya berkiblat pada pendapat dan teori pendidikan dari dunia barat, padahal kalau kita menyadari metode, model dan pendekatan pendidikan yang sangat efektif yaitu yang diterapkan oleh Rasulullah, coba kita perhatikan beliau mengatakan cambuklah anak jika sudah baligh tidak melaksanakan sholat. kira2 seperti itu. wassalam

    Siswanta
    Betul sadar gak sadar kiblat dunia pendidikan kita memang barat Bu, apalagi sekarang masih ramai masalah HAM, hampir semuga guru jadi tidak berani menghukum siswanya, tata tertib pun sangsinya susah diterapkan. Sekali lagi kita terbelenggu HAM, sehingga kurang tegas dalam menangani kesalahan siswa.

    Trim atas kunjungannya Bu. Saya telah berkunjung di blog Ibu, keliatannya sudah jarang menulis, kenapa bu ?

  2. Abdul Rokhman

    Pendidikan adlh sebuah lentera/lampu, akan tetapi manakalah di pakai/di bw setip insan utk yg bermanfaat akan membawa manfaat pula, bgtu jg sebaliknya. Kembali pd manusianya. Artinya; keberhasilan kita sbg guru bukan pd nilai yg kt berikan pd anak2, tp bgm perubahan pd anak2 dr yg tdk tau menjadi tau, tdk mgerti jadi mgrti, dr tdk baik menjdi baik dan dr tdk berEtika mjdi brEtika. Mhn maaf klau ada tutur sy yg salah.

    Siswanta

    Setuju Pak. Semoga masih banyak guru idealis dalam menjalankan ” PROSES” pendidikan, bukan hanya mementingkan dan bangga dengan “HASIL NILAI SISWA ” tanpa melihat bagaimana proses nilai itu diperoleh.

  3. ya allah….jangan salahkan diriku klu sy tdk bisa fokus didepan murid muridku , aku merasa tdk ada keadilan bagiku saat ini ya allah tunjukan jalanmu,beri ketabahan pd hambamu yg malang ini…….

    Siswanta

    Jangan putus asa Pak, yang penting niatnya ikhlas dari hati ingin menyumbangkan ilmu yang kita miliki kepada anak didik, insyaallah ada jalan terbaik. Tetap semangat Pak.

  4. saya sek merenungi nasibku yg malang,sy salah seorang peserta uka yg tdk lulus, ,,,usia sdh tdk muda lagi , apasih kurangx sy dibanding mereka ygulus….?ya allah berilah ketabahan pd hambamu yg lagi stresssssssssssss ini

    Siswanta

    Jangan putus asa Pak, yang penting niatnya ikhlas dari hati ingin menyumbangkan ilmu yang kita miliki kepada anak didik, insyaallah ada jalan terbaik. Tetap semangat Pak.

  5. klu ada yg belm dimengerti tentang pembelajaran tanyakan ke kelompok kerja guru diwilayah anda,,setiap permasalahan pasti ada solusix

    Siswanta

    Betul pak, setiap masalah ada penyelesaiannya, tetap semangat

SIlahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: